Senin, 16 Mei 2022

SIMBA (Layanan Bantuan ) dan EMIS

Simba PD. Pontren atau kepanjangan Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren merupakan aplikasi dikelola oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai upaya pemerintah dalam afirmasi dan fasilitasi terhadap Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam (MDT- LPQ). Emis (Educaton management Infotmation System) adalah Sistem Informasi Manajemen Pendidikan yang memuat data pokok kelembagaan, data santri ustadz dan sarana prasarana. 

Emis dan Simba terintegrasi, karena Emis merupakan basis data dan sistem pendataan yang digunakan untuk program afirmasi dan fasilitasi pada aplikasi Simba. Akun emis digunakan untuk untuk log in pada aplikasi Simba, artinya hanya lembaga yang meiliki akun emis aktif yang dapat mengakses layanan Simba. Jadi segera update Emis dan cetak Berita Acara Pendataan di menu Download Laporan pada akun Emis Lembaga masing-masing sebelum periode ditutup pada Tanggal 30 Mei 2022. 

Saat ini sudah dan sebagian masih menunggu konfigurasi kanwil ada beberapa jenis bantuan, seperti bantuan inkubasi Bisnis Pesantren (ditutup), Bantuan bagi LPQ, BOP dll. Semua itu hanya dapat diakses melalui aplikasi Simba. 

Sekarang sudah diterbitkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7323 Tahun 2022 tanggal 31 Desember 2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan BOP Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam Pada Instansi Vertikal Kementerian Agama Tahun Anggaran 2022 dapat didownload disini

Log in SIMBA di sini

Popular Posts